Selasa, 13 Pebruari 2018 18:15:14

*Pendaftaran dapat dilakukan di administrasi STEKOM cabang masing-masing.

Senin, 05 Pebruari 2018 19:08:39

Alumnus STEKOM dengan Walikota Samarinda

Kehidupan merupakan anugrah terindah yang diberikan Allah kepada manusia, dengan berbagai kelebihan dan kekurangan. Fahreza Majid Haris merupakan alumnus STEKOM yang memiliki keterbatasan (disabilitas) tidak membatasi dirinya untuk menyerah dengan keadaan, akan tetapi senantiasa semangat dan kerja keras untuk mengembangkan kemampuan dan ketrampilannya.

Semangat untuk menjadi lebih baik dilakukan dengan usaha, salah satunya dengan mengikuti pelatihan berbasis kompetensi yang di buka oleh Bapak Syaharie Jaang (Walikota Samarinda) di kompleks Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) pada tanggal 30 Januari 2018. Dari total 197 orang peserta pelatihan, 2 orang diantaranya merupakan penyandang disabilitas. Salah satunya adalah Fahreza Majid Haris alumnus Sekolah Tinggi Elektronika dan Komputer.

Bapak Sudarsono (Kepala Seksi BLKI Kota Samarinda) menuturkan, penerimaan peserta dari penyandang disabilitas ini merupakan kebijakan baru di BLKI Kota Samarinda. Pertimbangan utamanya adalah bahwa penyandang disabilitas memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pekerjaan. Seperti yang dikatakan Bapak Walikota, alasannya adalah untuk kesetaraan dalam memperoleh kesempatan kerja. Hanya saja, jumlah peserta yang diterima masih sangat terbatas.

Fahreza Majid Haris merasa bahwa keadaan fisik atau apapun yang menjadi kekurangannya, tidak dijadikan sebagai hambatan, kepercayaan diri, semangat dan kerja keras untuk berusaha adalah salah satu modal dalam meraih keberhasilan. STEKOM merasa bangga atas usaha dan kerja keras nya meski dalam keterbatasan tetapi memiliki semangat yang tinggi, semoga dengan usaha dan kerja keras yang dilakukan ini menjadi inspirasi dan semangat tersendiri bagi kawan-kawan mahasiswa STEKOM lainya.

Foto Bersama Wali Kota Samarinda dan Jajaran BLKI serta Peserta Pelatihan

Sumber = http://kaltim.tribunnews.com/2018/01/30/dua-penyandang-disabilitas-diterima-mengikuti-pelatihan-kerja-di-blki?page=1

Jumat, 26 Januari 2018 19:12:02

Pada hari Rabu tanggal 24 Januari 2018 bertempat di Sekolah Tinggi Elektronika dan Komputer (STEKOM), dilaksanakan Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Bahaya Narkoba dan Penyebarluasan Informasi tentang Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Narkoba oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Tengah.


Acara tersebut diawali sambutan-sambutan oleh Dr. Drs. Kukuh Sudarmanto, S.Sos., S.H., M.M. (Camat Pedurungan), Dr. Sarwo Nugroho, S.Kom, M.Kom. (Pembantu Ketua I Bidang Akademik STEKOM), Polsek Pedurungan dan Koramil Pedurungan. Tentang tujuan rapat koordinasi, kerjasama dan tindak lanjut yang akan dilakukan nantinya.

Sosialisasi disampaikan oleh Tim dari BNN Provinsi Jawa Tengah, seputar peran aktif berbagai unsur masyarakat seperti: akademisi, guru, rohaniawan, pemangku wilayah dari RT, RW dan Kelurahan, serta lembaga swadaya masyarakat dalam mengantisipasi bahaya narkoba terhadap generasi muda dan kelangsungan masa depan bangsa.

Kegiatan rapat kordinasi dan sosialisasi tersebut juga di muat di  media televisi untuk membantu menyebar luaskan bahaya narkoba dan pencegahan generasi untuk menghindari dan menjauhi narkoba.

Pimpinan STEKOM sangat bersyukur bisa menyelenggarakan rapat kordinasi dan sosialisasi berjalan dengan baik dan lancar, berharap kerjasama lintas lembaga bisa terus berjalan hingga dapat sampai pada tujuan sosialisasi. Akhir acara dilanjutkan dengan foto bersama pimpinan STEKOM dan MUSPIKA Kecamatan Pedurungan Kota Semarang serta Tim BNN Provinsi Jawa Tengah.


…ooo000||000ooo…

Rabu, 03 Januari 2018 19:44:01

SAYEMBARA DESAIN LOGO

KONGRES BAHASA INDONESIA (KBI)

Sebagai lembaga kebahasaan yang ditunjuk resmi oleh presiden dan diatur dalam undang-undang, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memiliki forum bagi para pencinta dan pemerhati bahasa dan sastra untuk membahas berbagai persoalan kebahasaan dan kesastraan dalam wujud Kongres Bahasa Indonesia (KBI). Bentuk visualisasi semangat yang terkandung dalam penyelenggaraan KBI pada tahun 2018 selaras dengan bentuk logo yang akan dimunculkan dalam KBI XI dengan tema “Menjayakan Bahasa dan Sastra Indonesia”. Logo digunakan sebagai identitas visual yang mencerminkan tujuan penyelenggaraan KBI dari masa ke masa, yakni untuk menjayakan negara dan bangsa Indonesia melalui bahasa dan sastra Indonesia.

Berdasarkan latar belakang tersebut, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa merasa perlu mengundang masyarakat untuk mengikuti sayembara desain logo KBI. Hasil akhir yang akan dicapai dalam sayembara desain logo ini adalah pemunculan logo KBI.

NILAI/MAKNA YANG TERKANDUNG DALAM LOGO

  1. Bahasa Indonesia sebagai perekat persatuan dalam kebinekaan
  2. Bahasa Indonesia sebagai jati diri bangsa
  3. Bahasa Indonesia sebagai pengungkap gagasan cendekia
  4. Bahasa Indonesia sebagai penghela iptek
  5. Bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional
  6. Wadah/forum diskusi membicarakan pengembangan dan pembinaan bahasa Indonesia

TENGGAT

    Pelaksanaan sayembara             
   1 Desember 2017–15 Januari 2018  
    Batas akhir pengiriman logo       
    15 Januari 2018, pukul 21.00 WIB
   
    Pengumuman tiga logo terbaik   
    8 Februari 2018
    Pengumuman pemenang logo   
   18 Februari 2018

PENGHARGAAN

Juri akan memilih tiga (3) logo terbaik yang kemudian diberikan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk ditentukan sebagai logo terbaik pertama, kedua, dan ketiga. Total hadiah berjumlah Rp22.500.000,00, dengan rincian logo terbaik pertama akan mendapatkan uang sebesar Rp10.000.000,00;  terbaik kedua Rp7.500.000,00; dan terbaik ketiga Rp5.000.000,00. Desain logo terbaik pertama akan ditetapkan sebagai logo KBI. Pemenang logo terbaik pertama akan diundang sebagai peserta untuk mengikuti KBI XI.

PENDAFTARAN

Peserta mengisi formulir pendaftaran (terlampir).
Peserta mengirimkan karya hasil desain dengan kriteria:format PNG;

a. materi desain diperkecil menjadi 620x620 piksel;
b. ukuran berkas (file) maksimal 200 kb; dan
c. berkas dikirim ke pos-el kbixi@kemdikbud.go.id dengan subjek
    Nama_Sayembara_Logo_KBI.
    Contoh: Miftahussururi_Sayembara_Logo_KBI.

SYARAT KEABSAHAN

  1. Logo dibuat pada papan seni (artboards) berukuran 620x620 piksel.

  2. Logo harus memuat tulisan “Kongres Bahasa Indonesia”, susunan huruf kapital dan huruf kecil harus sesuai dengan tulisan tersebut, dan jenis huruf (font)  sesuai dengan kreativitas peserta.

  3. Karya peserta harus disertai penjelasan dan makna/filosofi/konsep desain dalam bentuk Ms. Word.

  4. Peserta yang karyanya terpilih sebagai tiga (3) logo terbaik, wajib mengirimkan berkas (file) asli dalam format EPS (Encapsulated Postscript) atau pixel base berukuran sesuai dengan butir  1 sebagai bukti keaslian karya.

KRITERIA PENILAIAN

1. Substansi:
    Mencerminkan makna/nilai KBI
    Memiliki deskripsi (penjelasan) yang jelas tentang KBI

2. Gambar/Simbol:
    Menarik
    Unik
    Mudah dikenal
3. Bentuk:
    Menunjukkan ciri khas KBI
    Mengikuti kaidah atau prinsip desain (kesatuan, keseimbangan,     proporsi, irama, dan dominasi)

4. Warna:
    Sesuai dengan imajinasi dan kreativitas peserta
    Komposisi seimbang dan serasi
    Mudah untuk diaplikasikan di berbagai media
JURI

    Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
    Juri Profesional

PERATURAN

  1. Lomba bersifat perorangan dan terbuka untuk umum.

  2. Setiap peserta hanya dapat mengirimkan satu karya.

  3. Karya berupa/berbentuk desain grafis, bukan materi fotografi.

  4. Karya tidak mengandung merek dagang, logo, ciptaan yang dilindungi hak cipta, atau Hak atas Kekayaan Intelektual dalam bentuk apa pun milik pihak lain.

  5. Karya merupakan desain asli yang belum pernah diikutsertakan dalam kompetisi/lomba apa pun, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

  6. Peserta dapat mempertanggungjawabkan hasil karyanya.

  7. Karya terpilih (logo terbaik pertama) menjadi hak cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa yang kemudian ditetapkan dengan surat keputusan.

  8. Pajak ditanggung pemenang.

  9. Keputusan panitia dan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.

  10. Pemenang diumumkan melalui laman dan akun media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Narahubung
Princes Alberta: 085643035537
Catatan:

Formulir pendaftaran dikirimkan beserta dengan hasil karya.
Salinan identitas yang terdapat dalam formulir pendaftaran sayembara diisi dengan data pindai kartu identitas diri (KTP/SIM) yang masih berlaku.

Lampiran:

Informasi tentang Kongres Bahasa Indonesia


Formulir sayembara logo 2018.docx

Rabu, 13 Desember 2017 18:44:03

Layanan Koleksi Digital Online - Perpusnas RI
(Database Jurnal Nasional dan Internasional Terkemuka)

Sumber:
http://www.kopertis12.or.id/2017/01/18/layanan-database-jurnal-nasional-dan-internasional-perpusnas-ri.html

Untuk memenuhi kebutuhan pemustaka, kami melanggan berbagai bahan perpustakaan digital online (e-Resources) seperti jurnal, ebook, dan karya-karya referensi online lainnya.
Setiap anggota Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) dan telah memiliki nomor anggota yang sah, berhak memanfaatkan layanan koleksi digital online yang kami langgan (e-Resources).
Untuk menjadi anggota Perpusnas, silahkan lakukan pendaftaran secara online melalui http://keanggotaan.perpusnas.go.id, atau dengan mengunjungi gedung layanan Perpusnas di Jalan Salemba Raya 28 Jakarta Pusat / Jalan Merdeka Selatan 11 Jakarta Pusat.

Petunjuk / panduan penggunaan e-resources klik disini , dan jika ada pertanyaan / saran / keluhan terkait layanan koleksi e-Resources ini silahkan disampaikan melalui alamat email layanan_eresources@perpusnas.go.id dengan menyebutkan Nama dan nomor anggota, atau menghubungi Call Center Jasa Layanan Perpusnas di nomor 0800-1-737787

Info Digital Library PNRI
Perpustakaan Nasional RI telah melanggan beberapa Database Jurnal Nasional dan Internasional terkemuka untuk berbagai bidang ilmu.


 

(IG Group mencakup koleksi American Library Association, American Society for Training & Development, Amsterdam University Press, Business Expert, Columbia University Press, Hawai, ISEAS, Liverpool University Press, Nias Press, Princeton University Press, RIBA Architecture, dan University Of California Press)
Anda hanya perlu jadi anggota perpus secara online dan bisa mengakses (mengunduh) jurnal-jurnal tersebut DI MANAPUN ANDA BERADA.
*Caranya mudah:*

  1. Mendaftar dahulu di http://keanggotaan.pnri.go.id/daftar.aspx dan mendapatkan nomor keanggotaan PNRI.
  2. Kemudian masuk ke e-resources.pnri.go.id untuk mendaftarkan username dan password dengan menggunakan nomor keanggotaan PNRI yang telah didapat.

Pihak Perpustakaan akan mengirimkan email aktivasi akun anda, dan VOILA!
Terima kasih.
Digital Library PNRI
http://e-resources.pnri.go.id

*Call Center*
PNRI
National Digital Library
0800-1-737787

Manual user e-resoureces

Manual Summon